BERITA

Mitra Angkasa Sejahtera (BAUT) Incar Kenaikan Penjualan di Atas 20% Tahun Ini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Emiten logam bahan konstruksi khususnya mur dan baut, PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (BAUT) mengincar pertumbuhan bisnis di sepanjang tahun 2023. Manajemen BAUT berupaya menggapai kenaikan penjualan lebih dari 20% secara tahunan atau yoy.

Direktur BAUT Foong Tak Hoy mengatakan, BAUT mengincar kenaikan penjualan di atas 20% yoy menjadi Rp 257 miliar sampai akhir tahun nanti. Penetapan target penjualan tersebut sejalan dengan strategi ekspansi outlet yang dilakukan sejak tahun lalu dan berlanjut di tahun ini.

“Dengan struktur cost sekarang yang berjalan kami incar ke labanya itu Rp 11,7 miliar. Ini merupakan laba neto yang hasil dua kali lipat dari pencapaian 2023,” kata Foong dalam paparan publik, Jumat (17/5).

Sebagaimana diketahui, saat ini BAUT sudah memiliki 24 outlet yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Pada tahun 2023, BAUT telah membuka satu outlet baru yang berlokasi di Surabaya.

Untuk memaksimalkan kinerjanya di tahun ini, BAUT berencana melanjutkan agenda ekspansi dengan membuka dua outlet baru di Solo Jawa Tengah dan Buntaran Jawa Timur.

Selain itu, manajemen BAUT juga akan semakin getol menggandeng perusahaan manufaktur dan proyek-proyek strategis nasional untuk memaksimalkan penjualannya.

“Kami juga terus berupaya meningkatkan layanan kepada pelanggan kami, walaupun dalam keadaan saat ini penuh tantangan. Perseroan tetap bisa mempertahankan proyeksi cukup optimistis untuk 2024,” imbuhnya.

Hingga kuartal I-2024, penjualan BAUT tercatat sebesar Rp 41,28 miliar atau lebih rendah 30,50% dibandingkan penjualan pada kuartal I-2023 yang sebesar Rp 59,39 miliar.

Sedangkan dari sisi bottom line, laba neto yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat senilai Rp 256,58 juta atau menurun dibandingkan Rp 4,30 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Meskipun kinerja kuartal pertama belum sesuai ekspektasi, Manajemen BAUT tetap optimistis dapat mengejar ketertinggalan pada kuartal-kuartal berikutnya seiring juga dengan rencana pembukaan dua outlet baru di tahun ini.